Sabtu, 10 Juni 2017

Makanan yang Mengandung Sumber Asam Folat Tinggi

Makanan yang Mengandung Sumber Asam Folat Tinggi – Apakah anda sedang menggali sumber asam folat tinggi? Seperti anda ketahui bersama, asam folat adalahsalah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Asam folat tergolong kedalam salah satu format vitamin B yang larut dalam air.

Beberapa jenis asam folat sintetis bisa ditemukan dari makanan laksana sereal, roti, tepung, dan masih tidak sedikit lagi. Sedangkan sumber asam folat alami dapat berasal dari sayuran, buah, kacang-kacangan, dan masih tidak sedikit lagi.


Sumber asam folat tergolong makanan sehat guna ibu hamil. Konsumsi nutrisi tersebut keseharian dapat mengayomi janin dari sekian banyak  gangguan, baik tersebut mencegah bermunculan cacat ataupun situasi mentak terbelakang. Oleh karena itu, konsumsilah secara rutin supaya kamu mendapatkan guna asam folat guna ibu hamil dan janin tersebut.

Makanan yang berisi asam folat dapat dibilang lumayan beragam. Kamu pun dapat menyesuaikan dengan selera dan keperluan masing-masing. Jangan tak sempat imbangi dengan diet seimbang supaya tubuh menemukan gizi yang cukup. Berikut sejumlah makanan berisi asam folat tinggi yang dapat kamu konsumsi secara rution.

Sumber Asam Folat Tinggi dari Sayuran

1. Bayam (194 mcg/ 100 gram, 49 % AKG)

Bayam tergolong sayuran hijau yang berisi gizi lumayan lengkap laksana thiamin, kalsium, kalium, vitamin B, riboflavin, dan asam folat. Bayam tidak berisi kolesterol dan lemak jahat, kandungan kalorinya sendiri melulu mencapai 23 kalori masing-masing 1 ons, sehingga paling baik guna kesehatan.

2. Bit Merah (107 mcg/ 100 gram, 27 % AKG)

Sumber asam folat selanjutnya dapat kamu dapatkan dari buah bit. Buah satu ini tergolong jenis umbi-umbian yang mempunyai warna merah keunguan. Buah bit memiliki tidak sedikit sekali manfaat untuk kesehatan (baca: guna buah Bit).

Mulai dari menambah sistem imun, mengecah radikal bebas, dan masih tidak sedikit lagi. Bahkan buah bit pun diperkaya bakal kalium yang dapat membantu melancarkan sistem peradaran darah.

3. Kubis (43 mcg/ 100 gram, 11 % AKG)

Kubis ada sejumlah jenisnya mulai dari kubis ungu, kubis putih, dan kubis hijau. Jenis kubis ungu berisi anthocyanin yang dapat mencegah timbulnya kanker dan mutasi genetik. Selain tersebut kubis pun termasuk makanan yang berisi asam folat lumayan tinggi. Kamu dapat konsumsi kubis sebagai lalapan masing-masing harinya guna mendapatkan manfaat spektakuler tersebut.

4. Brokoli (63 mcg/ 100 gram, 16 % AKG)

Siapa yang tak kenal dengan brokoli? Sayuran jenis ini ternyata berisi pelbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Brokoli berisi vitamin C, kalsium, zat besi, dan masih tidak sedikit lagi. Biasanya sayuran jenis ini tidak sedikit dijadikan sebagai menu diet sehat penurun berat badan. Dipercaya kandungan seratnya dapat melancarkan sistem pencernaan secara optimal.

5. Asparagus (135 mcg/ 100 gram, 34 % AKG)

Asparagus adalahsayuran yang berbentuk serupa seperti tombak. Sayur jenis ini paling baik guna mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Oleh karena itu, tidak boleh lewatkan sayur ini ketika anda sedang menginjak masa kehamilan.

6. Seledri (36 mcg/ 100 gram, 9 % AKG)

Makanan yang berisi asam folat selanjutnya ialah seledri. Sumber asam folat dalam seledri cukup tinggi, paling tidak masing-masing konsumsi 100 gram kamu dapat mencukupi 9 % dari angka kecukupan gizi harian. Masaklah seledri dengan benar supaya kandungan asam folat dan zat besi di dalamnya tak hilang.

7. Selada (29 mcg/ 100 gram, 7 % AKG)

Selada tidak sedikit diolah menjadi sekian banyak  jenis kuliner, tergolong yang sangat populer di kalangan masyarakat ialah salad. Selada dapat mencukupi keperluan vitamin dan mineral tubuh secara lebih lengkap.

Kandungan mineralnya mulai dari zat besi, kalsium, kalium, hingga dengan asam folat. Bahkan selada berisi vitamin K yang dapat mengoptimalkan sistem imun dan peredaran darah.

8. Jagung (19 mcg/ 100 gram, 5 % AKG)

Mungkin jagung sekarang tidak cukup populer di kalangan masyarat, namun dulu sebetulnya jagung sempat menjadi makanan pokok. Jagung dapat memberikan asupan karbohidrat tinggi yang baik untuk menambah energi dalam tubuh. 

Di samping itu, ternyata jagung pun termasuk sumber asam folat tinggi. Konsumsilah jagung paling tidak 1 buah sehari supaya mendapatkan gizinya.

9. Kale (29 mcg/ 100 gram, 7 % AKG)

Kale atau lebih dikenal kalean, adalahjenis sawi-sawian yang memiliki tidak sedikit kandungan gizi. Dalam sebatang kale berisi asam folat, kalium, zat besi, vitamin A, B, E, dan masih tidak sedikit lagi.

Konsumsi kale sehari-hari urgen untuk mencukupi keperluan folat ketika masa kehamilan dan perkembangan buah hati. Bahkan kale sangat berfungsi untuk 
mencegah penyakit alzheimer pada lansia.

Makanan yang Mengandung Asam Folat dari Buah-buahan

1. Buah pisang (20 mcg/ 100 gram, 5 % AKG)

Siapa sih yang tak kenal dengan buah pisang? Tentu, seluruh orang pun sudah mengenal tidak sedikit tentang buah berwarna kuning ini. Buah pisang familiar dengan kandungan potassium dan seratnya yang lumayan tinggi. Namun di samping itu, buah pisang pun berisi sumber asam folat yang baik guna tubuh.

2. Jeruk (30 mcg/ 100 gram, 8 % AKG)

Buah yang berisi asam folat selanjutnya ialah jeruk. Buah ini barangkali lebih dikenal dengan kandungan vitamin C-nya, namun siapa sangka ternyata jeruk dapat memberikan asupan asam folat sejumlah 30 microgram untuk masing-masing 100 gramnya. Ini berarti konsumsi jeruk dapat mencukupi 8 % AKG.

3. Buah persik (4 mcg/ 100 gram, 1 %)

Meskipun tak setinggi buah jeruk, namun persik tetap masuk kedalam jenis makanan yang berisi asam folat tinggi. Konsumsi buah persik terutama untuk ibu hamil sangatlah bermanfaat. Mulai dari menangkal bayi bermunculan cacat, menambah perkembangan IQ, dan beda sebagainya.

4. Tomat (22.3 mcg/ 100 gram, 6 % AKG)

Tomat familiar berisi licopen yang dapat mencegah timbulnya kanker, terutama menangkal kanker serviks pada wanita. Konsumsi tomat secara rutin pun sangat baik guna kulit, menilik kandungan vitamin E-nya dapat membantu mempercepat regerenasi sel baru. Buatlah jus tomat segar dan konsumsilah masing-masing pagi hari guna mendapatkan guna luat biasa tsb.

5. Alpukat (20 mcg/ 100 gram, 5 % AKG)

Banyak orang yang menghindari alpukat sebab memandangnya sebagai buah yang dapat membuat tubuh cepat gemuk. Padahal tersebut tidaklah demikian, malah konsumsi alpukat rutin paling baik untuk menyokong program diet sehat. Kandungan serat dan asam folatnya yang tinggi diandalkan  mampu mengoptimalkan metabolisme dalam tubuh secara optimal.

6. Melon (21 mcg/ 100 gram, 5 % AKG)

Melon lebih familiar dengan kandungan mineral alaminya yang paling lengkap, khususnya pada air lemon. Namun buah segar ini ternyata pun berisi asam folat lumayan tinggi. Asupan folat dari melon berfungsi untuk menangkal munculnya anemia (kekurangan darah merah).

7. Stroberi (24 mcg/ 100 gram, 6 % AKG)

Stroberi menjadi buah sumber asam folat yang lumayan digemari oleh masyarakat. Buah merah ini memiliki pelbagai nutrisi di samping asam folat, mulai dari vitamin A hingga mineral essens (kalium, kalsium, mangan, dsb). 

Konsumsi buah stroberi rutin dapat menjadi penyelesaian diet rendah lemak untuk kamu yang hendak memiliki format tubuh dan berat ideal.

8. Pepaya (38 mcg/ 100 gram, 10 % AKG)

Mungkin pepaya lebih populer sebagai sumber serat yang dapat melancarkan BAB. Setelah dilaksanakan penelitian, ternyata buah ini berisi asam folat cukup tinggi. Folat itu sangat urgen dikonsumsi oleh semua ibu hamil, sebab dapat melancarkan ASI saat bayi bermunculan nantinya.

Makanan yang Mengandung Asam Folat dari Kacang-kacangan

1. Kacang lentil (181 mcg/ 100 gram, 45 % AKG)

2. Kacang polong (63 mcg/ 100 gram, 13 % AKG)

3. Kacang kedelai dan produk olahannya

4. Kacang almond (50 mcg/ 100 gram, 12 % AKG)

5. Kacang tanah (120 mcg/ 100 gram, 30 % AKG)

6. Kacang kenari (98 mcg/ 100 gram, 25 % AKG)

7. Kacang tanah dan beda sebagainya.

Makanan Mengandung Asam Folat dari Daging

1. Ikan salmon (4 mcg/ 100 gram, 1 % AKG)

2. Hati ayam (578 mcg/ 100 gram, 144 % AKG)

3. Kuning telur (146 mcg/ 100 gram, 37 % AKG)

Sumber Asam Folat dari Tepung

1. Kentang (28 mcg/ 100 gram, 17 % AKG)

2. Ubi jalar (6 mcg/ 100 gram, 1.5 % AKG)

3. Roti gandum (65 mcg/ 100 gram, 15 % AKG)

Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan Tubuh

- Meningkatkan penyerapan nutrisi dalam usus dan lambung
- Mencegah penyakit jantung, alzheimer, anemia, dan kanker
- Mencegah bayi bermunculan cacat dan gangguan lain
- Meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh.

Akibat Kekurangan Asam Folat

- Munculnya penyakit anemia parah
- Pada ibu hamil mengakibatkan bayi bermunculan cacat dan keterbelakangan mental
- Produksi ASI tidak dapat dilakukan secara optimal.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam aliquam massa quis mauris sollicitudin commodo venenatis ligula commodo.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar