Senin, 14 Agustus 2017

Pesona Wisata Danau Ranau Keindahan Indonesia

Pesona wisata. Terletak di distrik kecamatan Banding Agung dengan jarak 125 km dari Baturaja ibukota kabupaten OKU. Danau Ranau luasnya menjangkau 8 x 16 Km dengan latar belakang gunung Seminung (1.881 m). Di sekitar telaga dikelilingi oleh bukit dan lembah sampai-sampai hembusan angin di area ini tidak terlampau kencang.


Pada malam hari udara sejuk dan pada siang hari terang suhu berkisar antara 20° – 26° Celsius. Diatas perbukitan dan lembah sekitar telaga ada perkebunan kopi, tembakau, cengkeh, kayu manis dan palawija. Pada sisi beda dikaki gunung Seminung ada sumber air panas alam yang terbit dari dasar danau. Tempat beda yang unik untuk dikunjungi ialah Pulau Marisa yang terletak tidak jauh dari air panas. Pesona wisata.

Untuk menyelenggarakan tour di telaga dapat memakai perahu motor yang terdapat di dermaga wisata komplek Ranau Cottage. Kapasitas penumpang 15 orang per perahu dengan ongkos Rp. 25.000,- guna satu kali perjalanan pesiar di telaga (sightseeing).

Pesona wisata. Danau Ranau sangat sesuai jadi opsi istirahat akhir pekan atau memenuhi waktu libur bareng keluarga. Danau ini dikelilingi oleh bukit yang menghijau dengan lembahnya yang menawan. Di areal perbukitan dan lembah di dekat danau tidak sedikit ada areal kebun kopi, tembakau, kayu manis dan sayur mayur. Dari kejauhan, bukit dan lembah ini terlihat laksana hamparan permadani hijau.

Obyek beda yang bisa dikunjungi ialah air terjun Subik Tuha bertempat 500 meter dari cottage Ranau. Danau Ranau bisa dikunjungi dari Baturaja, Palembang atau dari Bandar Lampung. Setiap bulan Desember diselenggarakan lomba perahu cadik di telaga Ranau yang dilangsungkan hampir sehari suntuk semenjak pukul 08.00 pagi.

Cadik ialah perahu yang menggunakan alat ekuilibrium yang biasa digunakan para nelayan di telaga Ranau. Lomba cadik ini adalahbagian dari Festival Danau Ranau. Dewasa ini sudah dibangun sarana rekreasi di pantai Senangkalan area Banding Agung yang tidak sedikit dikunjungi semua wisatawan terutama pada hari libur. Pesona wisata.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam aliquam massa quis mauris sollicitudin commodo venenatis ligula commodo.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar