Rabu, 28 Juni 2017

Resep Masakan Beras Kencur Indonesia

Beras Kencur adalah minuman tradisional yang dikenal luas di pulau Jawa terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur. Minuman tradisional ini adalahsalah satu variasi dari jamu gendong, warisan leluhur yang telah lebih dikenal di Jawa semenjak ratusan tahun lalu. 


Beras kencur memiliki khasiat untuk menambah nafsu makan. Kalau tidak percaya, silahkan buktikan sendiri. Minumlah beras kencur pada ketika perut kamu kosong, dipastikan sebentar kemudian kamu akan merasa semakin lapar dan bila kamu tidak segera mencicipi makanan, bisa2 badan kamu akan lemas. Ini dari empiris pribadi he he. Cocok untuk kamu yang hendak meningkatkan berat badan. 

Bagi yang lagi diet tak usah kuatir, segelas jamu beras kencur dapat juga dinikmati ketika udara panas sebagai minuman yang menyegarkan. 

Catatan: Untuk kamu yang bermukim di LN, terutama yang terdapat di Amerika atau Eropa, sayang sekali kencur segar tidak terdapat jadi kamu harus bawa ketika mudik ke tanah air. Kencur kering lagipula kencur bubuk tidak bakal menghasilkan wewangian dan rasa yang optimal.

Bahan:
150 gr beras, rendam dalam air dingin minimum 6 jam
200 gr kencur, cuci bersih, kupas
50 gr jahe
2 buah jeruk nipis
50 gr daging asam jawa
500 gr gula kelapa atau gula aren (bukan gula merah dari tebu)
250 gr gula pasir
1 sdt garam atau cocok selera
4 liter air

Tips Penting:
Jangan sekali-kali menyimpan kencur di dalam kulkas lagipula di freezer. Dijamin dalam masa-masa 1-2 hari kencur bakal melempem dan rusak.
Bagi kamu yang bermukim di LN dan hendak membawa kencur dari tanah air sebagai stok, simpan kencur dalam wadah dari karton tertutup, taruh karton di ruangan yang kering namun gelap agar kencur tidak tumbuh. Dari empiris saya kencur tetap bagus/tidak layu atau keropos hingga 9 bulan kemudian.

Cara Membuat:
Rendam beras semalam atau paling tidak 6 jam sebelumnya.Sisihkan.
Iris atau sisir gula kelapa supaya gampang larut.
Masukkan air ke dalam panci ukuran besar bareng gula kelapa dan asam, lantas rebus hingga mendidih dan semua bahan larut.
Setelah mendidih, tambahkan gula pasir dan tidak banyak garam, aduk rata. Angkat dari api dan biarkan dingin, lantas disaring.
Jika butuh peras atau tekan2 ampas asam di saringan supaya seluruh sari keluar.
Cuci bersih kencur dengan air dingin. Kupas kulit kencur dan jahe.
(Kalau kamu malas mengupas kencur ya blender bareng kulitnya dengan daftar kencur dibersihkan sampai benar2 bersih dan bebas dari pasir, rasanya pun tetap enak).
Cuci pulang dengan air panas lantas iris tipis-tipis.
Buang air rendaman beras, tiriskan.
Masukkan beras, irisan kencur, jahe dan 300 ml air matang dingin ke dalam blender.
Blender seluruh bahan sampai menjadi bubur yang halus.
Saring bubur beras kencur dan ambil air atau sarinya. Campur dengan larutan gula asam seraya diaduk.
(Tip Penting: Campurkan larutan beras kencur pada ketika larutan gula telah benar2 dingin, bila tidak nanti larutan bakal menjadi bubur sebab tepung berasnya kepanasan dan matang ;-)
Tambahkan air perasan jeruk nipis. Cicipi, andai perlu tambahkan larutan gula seperlunya.
Masukkan dalam botol atau tupperware, tutup rapat dan simpan dalam kulkas. Kocok masing-masing kali bakal menuang dalam gelas.
Catatan:
Warna beras kencur bervariasi dari putih pucat hingga kekuningan tergantung jenis gula yang kamu pakai, semakin gelap gula kelapa/aren yang kamu pakai semakin gelap pun hasilnya.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam aliquam massa quis mauris sollicitudin commodo venenatis ligula commodo.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar